Tuesday, April 3, 2012

Cave Tubing Gua Pindul

     Cave Tubing Gua Pindul adalah merupakan wisata minat khusus. Lokasi cave tubing Gua Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul, Jogjakarta. Cave tubing di Gua Pindul ini merupakan wisata penelusuran gua dengan menggunakan ban pelampung untuk menyusuri gua. Gua ini seperti rongga di bawah bukit yang di bawahnya dialiri air sungai sehingga kita harus menggunakan ban pelampung untuk menyusurinya.
     Gua ini memiliki panjang sekitar 350 meter dengan lebar bervariasi antara 2-5 meter. Jarak permukaan air dengan atap gua pada waktu air normal (bukan musim hujan) sekitar 4 meter.dengan kedalaman air antara 1 meter hingga 10 meter.
  
     Di dalam gua terdapat stalaktit, stalagmit, kristal, serta lubang besar menganga di atap gua bagian ujung pintu keluar gua. Sinar matahari yang masuk melalui lubang tersebut membuat sebuah pemandangan yang indah. Sebenarnya ada juga satu lubang di dekat pintu masuk tetapi di atasnya ada bangunan sarang burung walet. Banyak sekali kelelawar yang menggantung di langit-langit gua ini. Di atap gua terdapat banyak bekas air seni kelelawar yang berupa bercak-bercak kecoklatan. Di tengah penyusuran kita akan menemukan sebuah stalaktit yang sudah menyatu dengan stalagmit sehingga nampak seperti sebuah pilar besar. Butuh rentangan tangan 5 orang untuk melingkarinya dan menurut beberapa orang stalaktit tersebut mempunyai peringkat no-4 di dunia. Selain itu juga terdapat beberapa stalaktit yang masih aktif yang tetesan airnya konon bisa membuat orang awet muda.

     Ada 3 zona dalam gua ini, yaitu zona terang, zona setengah gelap, dan zona gelap total. Di dalam zona gelap total ini lah nanti sang pemandu menghentikan sejenak penyusuran untuk melakukan doa bersama. Waktu tempuh penyusuran sendiri sekitar 40 menit. Di ujung pintu keluar gua pengunjung dapat naik ke atas bukit kemudian melompat terjun bebas ke dalam air.

Paket Cave Tubing Gua Pindul
1. Jasa pemandu
2. Perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung dan sepatu)  
3.  Asuransi
4. Biaya Rp. 30.000/orang

0 comments:

Post a Comment